ANALISIS SI DAN TI DALAM DUNIA BISNIS FURNITURE DAN PERALATAN KANTOR
SI dan TI dalam dunia bisnis
SI & TI telah menjadi komponen yang sangat penting bagi
keberhasilan bisnis dan organisasi
TI termasuk SI berbasis Internet yang dapat membantu segala jenis bisnis
meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, pengambilan
keputusan manajerial, dan kerjasama kelompok kerja, hingga memperkuat
posisi kompetitif dalam pasar yang cepat sekali berubah
TI & SI berbasis internet digunakan mendukung tim pengembangan
produk, proses dukungan untuk pelanggan, transaksi e-commerce, e-business, atau
dalam aktifitas bisnis lainnya.
E-Business
E-Business:
Didefinisikan sebagai penggunaan Teknologi Internet kedalam jaringan
kerja dan pemberda-yaan proses bisnis, perdagangan secara
elektronik, komunikasi dan kerja sama/kolaborasi dalam
perusahaan(internal) serta dengan pelanggannya, para
penyalurnya, dan stakeholders bisnis lainnya.
Peran e-Businness dalam Bisnis
P’manufakturan Dan produksi Rekayasa Dan penelitian Akuntansi Dan
keuangan Pemasok & Mitra bisnis lainnya Manajemen Rantai Pasokan :
Pegadaan barang, distribusi, dan logistic Manajemen Hubungan Pelanggan :
Pemasaran Penjualan
Layanan Pelanggan Konsumen dan pelanggan bisnis Batasan Perusahaan Intranets
The Internet Extranets Extranets Perusahaan yang melakukan e-business
Internet dan teknologi serta aplikasi yang
terkait membuat perubahan drastis dalam cara orang
bekerja dan mengoperasikan bisnis , dan bagaimana
teknologi informasimendu-kung kegiatan operasi
bisnis dan aktivitas kerja para pemakai .
Bisnis dengan cepat akan berubah menjadi perusahaan e-business.
Internet dan jaringan serupa Internet didalam perusahaan
(intranets), danjaringan antar peru-sahaan dan mitra
dagangnya (extranets) akan menjadi infrastruktur
Teknologi Informasi yang utama dalam mendukung kegiatan operasi
bisnis dari sebagian besar perusahaan.
Perusahaan e-business bersandar pada teknologi seperti
diatas karena:
Rekayasa kembali dan revitalisasi proses bisnis internal
Menerapkan sistem perdagangan elektronik antara
perusahaan dengan para penyalur dan pelanggan mereka.
Contoh
e-Businness dalam Bisnis
Peran Sintem Informasi
Mendukung Operasi Bisnis
Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial
Mendukung Keunggulan Strategis.
Meningkatkan pelayanan secara global/menyeluruh antara lain :
Menyediakan informasi secara global (meningkatkan
komunikasi dan analisis perdagangan dalam skala global =
mempersingkat proses produk, kita melakukan analisis2 melalui SWOT pesaing,
bahan baku yang sama tapi harga yang lebih rendah akan meningkatkan penjualan
ini dapat terjadi karena proses produk dapat di persingkat
menyediakan pelayanan selama 24 jam = internet, mobil banking,
layanan hotline
Contoh
(contact or payment)
Pelanggan atau pembeli produk dan layanan dapat pula memesan secara online dengan
mengisi dan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku dari penyedia layanan :
Perusahaan dapat menyediakan media curahan hati konsumen berupa
testimoni beberapa konsumen yang telah memakai produk tersebut yang kemudian
akan memberikan kepercayaan kepada masyarakat akan produk tersebut, dan akan
menjadi masukan kepada perusahaan agar dapat terus meningkatkan kualitas produk
dan layanan.
Testimonial
Kesimpulan
Sistem Informasi Teknologi Informasi sangat bermanfaat
sebagai :
Area fungsional utama dari bisnis yang penting dalam keberhasilan
bisnis, seperti fungsi akuntansi, keuangan, manaj. Operasional,
pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia
Kontributor penting dalam efisiensi operasional,
produktivitas, dan moral pegawai, serta layanan dan kepuasan
pelanggan
Sumber utama informasi dan dukungan yang dibutuhkan
untuk menyebarluaskan pengambilan keputusan yang efektif oleh
manajer dan praktisi bisnis
Bahan yang sangat penting dalam mengembangkan
produk dan jasa yang kompentitif, yang memberikan organisasi
kelebihan strategis dalam pasar global
Peluang karier yang dinamis, memuaskan, serta menantang bagi jutaan
pria danwanita
Komponen penting dari sumber daya, infrastruktur, dan kemampuan
perusahaan bisnis yang membentuk jaringan
Kelebihan :
Memudahkan transaksi jual beli antara produsen dan konsumen.
Memudahkan pembukaan lapangan bisnis.
Menyediakan berbagai fungsi ekonomi bagi Pembisnis atau Perusahaan.
Lebih Praktis dan efisien.
Penjualan mencakup semua orang dan menjangkau luas.
Keuntungan yang didapat otomatis akan lebih besar.
Kekurangan :
Tidak dapat kontak langsung dengan konsumen (kecuali melalui
kesepakatan terlebih dahulu).
Sering terjadi penipuan dan kriminalitas lainnya yang
meng-atas-namakan konsumen maupun pihak lain.
Pengelola tidak bisa mengamati langsung kebutuhan-kebutuhan konsumen
yang beragam karna kurangnya kontak sosial di dalam masyarakat,
dll.
0 komentar:
Posting Komentar