Rabu, 05 Juni 2013

Analisis SI & TI Dalam Dunia Bisnis Furniture & Peralatan Kantor



ANALISIS SI DAN TI DALAM DUNIA BISNIS FURNITURE DAN PERALATAN KANTOR

SI dan TI dalam dunia bisnis

  SI & TI telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi
  TI termasuk SI berbasis Internet yang dapat membantu segala jenis bisnis meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, pengambilan keputusan manajerial, dan kerjasama kelompok kerja, hingga memperkuat posisi kompetitif dalam pasar yang cepat sekali berubah
  TI & SI berbasis internet digunakan mendukung tim pengembangan produk, proses dukungan untuk pelanggan, transaksi e-commerce, e-business, atau dalam aktifitas bisnis lainnya.

E-Business
  E-Business:
  Didefinisikan sebagai penggunaan Teknologi Internet kedalam jaringan kerja dan pemberda-yaan proses bisnis, perdagangan secara elektronik, komunikasi dan kerja sama/kolaborasi dalam perusahaan(internal) serta dengan pelanggannya, para penyalurnya, dan stakeholders bisnis lainnya.

Peran e-Businness dalam Bisnis 

  P’manufakturan Dan produksi Rekayasa Dan penelitian Akuntansi Dan keuangan Pemasok & Mitra bisnis lainnya Manajemen Rantai Pasokan : Pegadaan barang, distribusi, dan logistic Manajemen Hubungan Pelanggan : Pemasaran         Penjualan        Layanan Pelanggan Konsumen dan pelanggan bisnis Batasan Perusahaan Intranets The Internet Extranets Extranets Perusahaan yang melakukan e-business
  Internet dan teknologi serta aplikasi yang terkait membuat perubahan drastis dalam cara orang bekerja dan mengoperasikan bisnis , dan bagaimana teknologi informasimendu-kung kegiatan operasi bisnis dan aktivitas kerja para pemakai .
  Bisnis dengan cepat akan berubah menjadi perusahaan e-business.
  Internet dan jaringan serupa Internet didalam perusahaan (intranets), danjaringan antar  peru-sahaan dan mitra dagangnya (extranets) akan menjadi infrastruktur Teknologi Informasi yang utama dalam mendukung kegiatan operasi bisnis dari sebagian besar perusahaan.
  Perusahaan e-business bersandar pada teknologi seperti diatas karena:
  Rekayasa kembali dan revitalisasi proses bisnis internal
  Menerapkan sistem perdagangan elektronik antara perusahaan  dengan para penyalur dan pelanggan mereka.


Contoh e-Businness dalam Bisnis
 

Peran Sintem Informasi 

  Mendukung Operasi Bisnis 
  Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial
  Mendukung Keunggulan Strategis.
  Meningkatkan pelayanan secara global/menyeluruh antara lain :
  Menyediakan informasi secara global (meningkatkan komunikasi dan analisis perdagangan dalam skala global = mempersingkat proses produk, kita melakukan analisis2 melalui SWOT pesaing, bahan baku yang sama tapi harga yang lebih rendah akan meningkatkan penjualan ini dapat terjadi karena proses produk dapat di persingkat
  menyediakan pelayanan selama 24 jam = internet, mobil banking, layanan hotline




Contoh (contact or payment)

 

  Pelanggan atau pembeli produk dan layanan  dapat pula memesan secara online dengan mengisi dan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku dari penyedia layanan :


  Perusahaan dapat menyediakan media curahan hati konsumen berupa testimoni beberapa konsumen yang telah memakai produk tersebut yang kemudian akan memberikan kepercayaan kepada masyarakat akan produk tersebut, dan akan menjadi masukan kepada perusahaan agar dapat terus meningkatkan kualitas produk dan layanan.
  
 Testimonial


Kesimpulan

Sistem Informasi Teknologi Informasi sangat bermanfaat sebagai :
  Area fungsional utama dari bisnis yang penting dalam keberhasilan bisnis, seperti fungsi akuntansi, keuangan, manaj. Operasional, pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia
  Kontributor penting dalam efisiensi operasional, produktivitas, dan moral pegawai, serta layanan dan kepuasan pelanggan
  Sumber utama informasi dan dukungan yang dibutuhkan untuk menyebarluaskan pengambilan keputusan yang efektif oleh manajer dan praktisi bisnis
  Bahan yang sangat penting dalam mengembangkan produk dan jasa yang kompentitif, yang memberikan organisasi kelebihan strategis dalam pasar global
  Peluang karier yang dinamis, memuaskan, serta menantang bagi jutaan pria danwanita
  Komponen penting dari sumber daya, infrastruktur, dan kemampuan perusahaan bisnis yang membentuk jaringan

Kelebihan :
  Memudahkan transaksi jual beli antara produsen dan konsumen.
  Memudahkan pembukaan lapangan bisnis.
  Menyediakan berbagai fungsi ekonomi bagi Pembisnis atau Perusahaan.
  Lebih Praktis dan efisien.
  Penjualan mencakup semua orang dan menjangkau luas.
  Keuntungan yang didapat otomatis akan lebih besar.

Kekurangan :
  Tidak dapat kontak langsung dengan konsumen (kecuali melalui kesepakatan terlebih dahulu).
  Sering terjadi penipuan dan kriminalitas lainnya yang meng-atas-namakan konsumen maupun pihak lain.
  Pengelola tidak bisa mengamati langsung kebutuhan-kebutuhan konsumen yang beragam karna kurangnya kontak sosial di dalam masyarakat,
  dll.


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. ANINDITYO BANGUNTOPO - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz